Pengertian Karikatur – Kapten.id

Pengertian Karikatur – Kartun adalah pesan, sindiran, dll. untuk pengiriman. Lebih jauh, karikatur juga dapat diartikan sebagai seni membuat gambar atau deskripsi tertulis tentang seseorang.

Caricature berasal dari bahasa Italia, caricature atau caercate artinya melebih-lebihkan (membesar-besarkan). Demikian penjelasan dari buku Media Pembelajaran karya Rahmi Mudia Alti dkk.

Pengertian Karikatur

Asal usul karikatur ini tidak diketahui, mengutip buku Bonnie Soherman Creating Caricatures Using Photoshop.

Bnpt Sebut Penyanderaan Pilot Susi Air Oleh Kkb Adalah Aksi Terorisme

Namun berdasarkan sumber dari abad ke-17, diketahui bahwa pembuat karikatur tersebut adalah warga negara Bologna.

Karikatur kemudian menjadi populer di Inggris pada abad ke-18. Karikatur telah populer sejak abad ke-19, terutama setelah Perang Dunia I, ketika ada permintaan yang lebih besar untuk gambar karakter jenis karikatur daripada foto sebenarnya.

Berdasarkan buku di atas, tujuan karikatur adalah untuk menyampaikan makna, pesan, kritik, atau informasi lain secara visual kepada para pecinta seni.

Lebih lanjut, buku Setiawan G Sasonko, Panduan Menggambar Kartun, Karikatur dan Komik, menyebutkan bahwa tujuan karikatur adalah untuk mengejek dan mengejek perilaku kelompok atau individu dengan gaya humor.

Detail Pengertian Gambar Karikatur Koleksi Nomer 18

Karikatur juga dapat ditujukan kepada individu, organisasi atau peristiwa di masyarakat sebagai kritik atau sebagai sarana protes sosial.

Melalui karikatur tersebut, orang memandu pendapat mereka tentang pro dan kontra dari sesuatu. Ada yang menggunakan karikatur sebagai alat propaganda untuk menyerang lawannya.

Jenis karikatur selanjutnya adalah karikatur realitas, yang membahas banyak hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari atau masalah yang memiliki kebenaran di dalamnya.

Oleh karena itu, sindiran politik merupakan salah satu bentuk sindiran yang erat kaitannya dengan isu-isu politik atau realitas kehidupan nyata. Biasanya tujuan karikatur politik ini adalah untuk menyampaikan beberapa kritik Karikatur, caricature (Inggris), satire (Jerman), caricature (Belanda) semuanya berasal dari kata caricare (Italia, artinya melebih-lebihkan). Kata caricare berhubungan dengan kata lain, caratare (Italia), yang berarti watak (Inggris), watak (Belanda) dan watak dalam bahasa Indonesia. Carikare terkait dengan kata “jalan” (Spanyol), yang berarti wajah.

Kartun Adalah Seni Yang Multifungsi, Pelajari Selengkapnya Disini

Ensiklopedia internasional mendefinisikan karikatur sebagai “sindiran dalam bentuk gambar dan pahatan”. Artinya, karikatur berbentuk lukisan (dua dimensi) dan patung (tiga dimensi). Menurut Encyclopædia Britannica, karikatur adalah penampilan, penampilan, atau tindakan seseorang yang terdistorsi, biasanya kualitas yang diredam yang diperoleh melalui pembesar-besaran, atau gambar atau sayuran atau kemiripan binatang yang menggantikan hewan, burung, atau bart manusia. Tindakan

Karikatur adalah gambar/gambaran seseorang dalam keadaan terdistorsi, menggantikan binatang, burung atau sayuran, buah-buahan, pelengkap (mengambil bentuk), bagian tubuh manusia (anatomi) sebagai analogi. Analogi dengan hewan, dll. dimaksudkan untuk merujuk pada karakteristik yang cocok, tetapi tidak selalu dimaksudkan seperti itu.

Karikatur sangat penting dalam menggambarkan seseorang dengan karakteristiknya sendiri, menekankannya atau melebih-lebihkan (melebih-lebihkan).

Oleh karena itu, karikatur adalah suatu cara penggambaran orang (seseorang) dengan sengaja menambah atau mendistorsi ciri-ciri cirinya dengan tetap mempertahankan ciri-ciri, kenampakan, dan kemiripan beberapa bagian dari objek tersebut.

Video bokeh kapten.id